50 tahun bersama Yesus

Selasa, 25 Januari 2011


Hari ini adalah hari yang paling membahagiakan buat Sr. Maria Goretti.
Hari ini, beliau merayakan 50 tahun Pesta Emas Hidup Membiara sebagai relijius dalam Uni Roma Ordo Santa Ursula, Provinsi Indonesia.

Sejak semalam, Sr.Reta, Sr. Yos, Sr.Christin dan Sr. Madeleine serta Sr. Siti  sudah sibuk mendekor aula SD Santa Ursula Jakarta. Sedangkan Sr. Indri, dan Sr. Ayda asyik mendekor papan ucapan selamat datang. Sementara Sr. Francesco sejak sore, pulang dari BSD, langsung mendekor ruang makan utama dengan cekatan. Dalam tempo beberapa jam, komunitas Ursulin Jl Pos dipenuhi warna-warna cemerlang kuning cerah, dan hijau meriah.

Pagi pun menjelang. Senyum sukacita merekah di wajah semua anggota komunitas. Setelah ofisi khusus yang indah, semua berjalan menuju refter. Ucapan lengkap dengan cipika-cipiki (cium pipi kanan - cium pipi kiri) serta Potong kue. Potongan pertama diberikan Sr.M.Goretti kepada Sr.Francesko yang bakal merayakan 50 tahun hidup membiaranya pada 29 Januari yang akan datang.



Setelah itu semua sibuk menunggu tamu serta persiapan lain yang lebih detail. Tamu pertama datang dari Bandung. Sr. Jeanne, Sr. Birgitta, Sr.Lestari dan Sr.Yohana ikut hadir. Lalu para suster dari komunitas lain pun datang secara bergelombang. Tamu yang lain datang lewat pintu SD St,Ursula. Akhirnya, menjelang Pk.10.00 semua sudah hadir. Mgr I. Suharyo asyik ngobrol dengan tenang di ruang tv sementara Rm Subagyo dan Rm.Padma sedang mengenakan jubah batik di ruang sebelah.
"Kita sudah mau mulai suster?" tanya Mgr Suharyo lembut.
"Iya romo," jawab Sr. Maria Goretti
beliau pun berdiri dan bersiap-siap
Tak lama kemudian, dengan mengenakan gaun putih sederhana, Sr. M.Goretti melangkah ke altar untuk kembali mengucapkan kaulnya pada Allah.
Suasana begitu indah.

Rm.Ignatius dalam renungan hari ini pun mengungkapkan bahwa Sr. Goretti seperti roti ditangan Yesus. Dimana Sr.Goretti sudah dipilih, lalu diberkati, untuk dipecah-pecah agar dapat dibagikan pada banyak orang. Renungan ini menghantar Sr.Goretti dan semua suster Ursulin yang menikmati rahmat berlimpah sebagai pribadi yang boleh dipilih ALlah untuk menjadi milikNya.

Selesai misa, diadakan peluncuran buku lagu baru karya Sr.Goretti. Dua buah lagu dinyanyikan dengan sangat indah oleh Mbak Ona. Kemudian diikuti oleh santap makan bersama. Mie kangkungnya: uenaaakkkkk!!!!! ada sate ayam dan berbagai makanan tertata di meja-meja panjang. Oh ya, es dogernya juga enak apalagi udara sudah mulai memanas.

Selesai santap bersama, para undangan satu persatu pulang.
Tinggalah senyum puas dan penuh syukur di bibir Sr.Goretti.
Kami sebagai komunitas juga merasa gembira atas anugerah yang tak terbilang ini.
Hidup bersama sebagai saudara
Hidup bersama Yesus selama 50 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar