Joy of Discovery

Rabu, 20 Maret 2013

Judulnya memang "serem"  karena mengingatkan kita pada program Discovery Channel yang banyak bicara tentang hal-hal ilmiah... tetapi sebetulnya, isi dari program Joy of Discovery itu: fun abis!
Bagaimana tidak fun! Para peserta diundang untuk mendalami dan menghayati Kitab Suci dengan enam langkah praktis. Tidak berhenti sampai dilangkah-melangkah mendalami Kitab Suci saja karena para peserta pun diundang untuk menghayati isi Kitab Suci dengan memerankan perikop Lukas 23:32-49 dalam kegiatan dramatisasi Kitab Suci, Selasa (19/03)

ini bukan di kelurahan ya... ini sedang daur ulang ehhh.. daftar ulang

Adalah Sr.Ayda dan Sr.Grace yang ikutan dengan program ini. Menurut Sr.Madeleine merupakan hal yang baik jika para suster terus mendalami penghayatan Kitab Suci sehingga menjadi seorang katekis-yang-hidup dimana pun ia diutus; maka dari itu Sr.Madeleine mendukung kedua susternya saat mengajukan permohonan untuk mengikuti program ini.

Sejak awal Februari, Sr.Ayda dan Sr.Grace pun pergi ke St.Theresia untuk mengikuti program ini.
Program ini dimulai dengan misa pembuka yang dipimpin oleh Pater Sugiri SJ. Beliau menegaskan pentingnya menghayati Kitab Suci agar dapat menerapkannya dalam hidup sehari-hari; Selain itu beliau menekankan pentingnya kesetiaan dalam mengikuti seluruh proses.

Selanjutnya ada perkenalan dan pembagian kelompok.
Setiap kelompok memiliki seorang Bapak/Ibu RT yang bertugas sebagai koordinator alias yang mengurus para peserta termasuk memberikan info-info.

Setelah itu setiap kali pertemuan, akan dibahas enam langkah yang digunakan oleh JOD lengkap dengan berbagai metode untuk pembatinan perikop yang tengah dipelajari.

Metode yang digunakan cukup beragam; mulai dari kerja individu, kerja kelompok sampai kerja lintas kelompok. Tugas yang dikerjakan secara berkelompok pun dipresentasikan. Hal ini membuat kegiatan yang berlangsung dua jam non-stop selalu terasa kurang! Belom selesai terpesona akan kegembiraan mengenal Kitab Suci... ehhh sudah harus pulang!
Suasana kerja kelompok

Selasa (19/3) menjadi semakin meriah karena ada dramatisasi Kitab Suci. Para peserta yang telah terbagi menjadi sembilan (9) kelompok, diperas lagi menjadi tiga (3) kelompok besar. Kemudian mendapat tugas untuk mendramatisasi Kisah Penyaliban Yesus yang diambil dari Lukas 23:32-49.

Dengan segala daya dan upaya, peserta mencoba menghayati perikop tesebut dan mendramatisasikannya. Alhasil... semua puas dan gembira. FUN!

Simon dari Kirene membantu Yesus: Kelompok A
  Program ini melandaskan seluruh pengajarannya dari buku Joy of Discovery karya Oletta Wald. Ia sudah menulis banyak buku dengan judul besar Joy of Discovery namun dengan peruntukan yang berbeda; misalnya buku JOD untuk belajar Kitab Suci, lalu JOD untuk para pengajar Kitab Suci dan sebagainya.

Semoga dengan mengikuti program ini, Sr.Ayda dan Sr.Grace bisa menjadi katekis yang lebih baik lagi! dan seorang Ursulin yang setia, tentunya...
Penyaliban Yesus: Kelompok B
Bunda Maria (psss... itu Sr,Ayda loh!) sedang menangis di kaki Yesus







Gagah berani menghadapi hidup dengan SALIB KRISTUS....
Cakep ora Cakep yang penting Mejeng!!!! ALL FOR JESUS!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank you so much for this post! The course looks great and the participants look very active and having lots of fun. Keep up the good work!! God bless us all.

Posting Komentar